Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil

Perawatan PayudaraPayudara adalah pelengkap organ reproduksi wanita dan pada masa laktasi akan mengeluarkan air susu. Laktasi adalah keseluruhan proses menyusui mulai dari Air Susu Ibu (ASI) sampai proses bayi menghisap dan menelan ASI. Pada masa hamil terjadi perubahan pada payudara dimana ukuran-ukuran payudara bertambah besar. (Depkes RI, 2005).

Payudara mungkin akan sedikit berubah warna sebelum kehamilan, areola (area yang mengelilingi puting susu) biasanya berwarna kemerahan, tetapi akan menjadi coklat dan mungkin akan mengalami pembesaran selama masa kehamilan dan masa menyusui. (Curtis. Glade. B, 1999).

Pada masa kehamilan sebaiknya payudara sudah menjadi perhatian khususnya kebersihan payudara dan bentuk puting susu berbentuk datar atau masuk kedalam. Puting susu demikian sebenarnya bukanlah halangan bagi ibu untuk menyusui dengan baik dengan mengetahui sejak awal, ibu mempunyai waktu untuk mengusahakan agar puting susu lebih mudah sewaktu menyusui. Disamping itu juga sangat penting memperhatikan kebersihan persolan hygine (Rustarmadji, 2005).

Faktor-faktor yang menyebabkan seorang ibu hamil yang tidak melakukan perawatan payudara karena, kurangnya informasi yang didapat dari tenaga kesehatan, adanya rasa takut dan malas dan ketersediaan waktu  untuk melakukan perawatan payudara selama masa kehamilan dalam trimester ke II. Perawatan payudara sangat penting di lakukan pada trimester ke II supaya tidak terjadi komplikasi pada saat menyusui bayinya nanti.

Masa kehamilan kadang menimbulkan perubahan-perubahan pada tubuhnya secara alamiah. Perubahan-perubahan itu antara lain berat badan bertambah, perubahan pada kulit, dan perubahan pada payudara, walaupun demikian ibu hamil hendaknya merawat tubuhnya. Banyak ibu hamil yang mengabaikan perawatan payudara, bisa disebabkan malas atau sesungguhnya belum mengetahui manfaatnya, sedangkan perawatan payudara selama hamil sampai saat menyusui sangat penting untuk kelancaran air susu nantinya setelah melahirkan. Karena itu, dengan perawatan yang benar hasilnya bukan cuma produksi ASI yang cukup tetapi bentuk payudara akan tetap baik selama menyusui.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: